Senin, 15 Juli 2013

Kecemburuan Sosial



Manusia tidak dapat hidup sendiri didunia ini, oleh karena itu manusia disebut sebagai makhluk sosial. Walaupun terkadang memang ada beberapa saat atau hal yang harus dilakukan oleh manusia secara individual. Tapi pada dasarnya dalam suatu kehidupan atau bermasyarakat seseorang pasti akan membutuhkan bantuan dari orang lain. Sebab, mustahil dalam semasa hidupnya seseorang tidak pernah meminta bantuan dari orang lain. Namun kenyataannya ada beberapa permasalahan yang timbul dalam kehidupan bermasyarakat. Seperti rasa iri, dengki, benci, saling berprasangka, cemburu sosial, dll, yang semua itu merupakan penyakit hati yang dimiliki oleh setiap manusia.

Misalnya cemburu sosial. Kecemburuan sosial adalah suatu kondisi dimana munculnya kelas kelas sosial karena adanya perbedaan perbedaan dalam kehidupan bermasyarakat seperti dari segi hukum, ideologi, politik, ekonomi, sosial, dsb yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan.
Kecemburuan sosial juga dapat diartikan sebuah perasaan dalam hati tentang keraguan dan ketidaksenangan terhadap sesuatu tanpa alasan yang jelas.

Cemburu sosial dapat terjadi dikerenakan berawal dari rasa iri seseorang kepada orang lain karena status sosial mereka lebih tinggi daripada dirinya, sehingga timbul rasa cemburu. Cemburu sosial tidak hanya terjadi dalam suatu lingkup keluarga, pertemanan atau dalam berpacaran. Dalam berteman atau berpacaran rasa cemburu yang timbul dikerenakan kurangnya komunikasi, mulai pudarnya rasa perhatian, berkurangnya waktu untuk bersama, atau takut kehilangan sosok seorang teman karena ia memiliki teman-teman yang baru. Tapi ada yang lebih serius, yaitu dalam kehidupan bermasyarakat.

Contoh kecil sebuah kecemburuan sosial : Ketika seseorang yang kurang mampu dari segi ekonomi hidup berinteraksi dengan lingkungan yang mayoritas adalah golongan kaum yang berada. Mereka bergaul dengan memilih memilih teman yang sederajat dan mengucilkan yang menurut mereka tidak sekelas dengan mereka. Hal ini tentunya akan menciptakan kecemburuan sosial di lingkungan tersebut.

Contoh diatas merupakan contoh bentuk kecemburuan sosial dalam segi ekonominya, kali ini adalah contoh kecemburuan dari segi aspek sosial. Misalnya adalah ketika seseorang masih ada dalam jenjang pendidikan baik itu sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas ataupun bangku perkuliahan, pergaulan dalam lingkungan tersebut hanya berdasarkan dari kemampuan pendidikannya, si golongan pintar hanya bergaul dan saling membantu dengan yang pintar pula, sedangkan yang bodoh tidak dibantu oleh si pintar dalam proses belajar mengajar. Tentunya akan terjadi kecemburuan sosial didalamnya.
     
Cemburu sosial merupakan sesuatu yang harus diwaspadai sebab akibatnya cukup serius, karena hal tersebut dapat merusak kehangatan yang sudah terjalin antar warga masyarakat. Bagaimana tidak, andai saja dalam suatu lingkungan masyarakat ada seorang warga yang iri terhadap warga lainnya (tetangganya), maka apapun yang tetangganya tersebut lakukan akan ia pandang dari sisi negatifnya saja, dan ia pasti tidak mau disalahkan karena ia merasa bahwa dirinya lah yang paling benar dan bahayanya lagi kadang ia menghasut orang lain untuk ikut-ikutan benci terhadap tetangganya itu. Hal ini lah yang membuat terjadinya perpecahan dalam suatu lingkungan masyarakat, sehingga nantinya terbentuk dua kubu yang saling bermusuhan.

Dalam kehidupan bermasyarakat bersosialisasi atau menjalin komunikasi itu penting, agar tidak timbul prasangka-prasangka yang merugikan dan tidak berlanjut menjadi kecemburuan sosial. Cara terbaik jika dalam bermasyarakat kita menemukan atau bahkan menjadi korban kasus seperti ini adalah dengan tidak menerima sepenuhnya prasangka-prasangka yang sedang beredar, tidak mendendam dan yang terpenting adalah kita harus bersabar. Sebab tuhan tahu yang sebenarnya. Dan agar kita terhindar dari sifat ini, mulailah untuk berpikiran positif. Terima kasih..


Referensi:

2 komentar: